Tahukah Cara Merawat Septic Tank?

Tahukah Cara Merawat Septic Tank?

Merawat septic tank sering dianggap hal yang sepele, saking sepelenya banyak yang melupakan cara merawat septic tank. Akhirnya tukang sedot WC Depok harus berjibaku menguras septic tank yang penuh akibat kurang perawatan itu tadi.

Sedot WC memang harus dilakukan secara rutin agar septic tank terjaga kondisinya, baik secara volume kotoran ataupun kondisi kebersihannya. Septic tank yang terawat menunjukkan tidak mudah mampet, tidak mudah penuh dan tidak menimbulkan bau menyengat.

Untuk itu ada beberapa cara merawat septic tank yang jarang diketahui orang-orang.

Cara Merawat Septic Tank

Sudahkah Anda merawat septic tank? Bagaimana cara merawatnya? Atau justru dibiarkan begitu saja tanpa perawatan?

  • Perhatikan sumur resapannya

Ketika membuat septic tank,  biasanya dibuat juga sumur resapan secara berdekatan. Kotoran dihancurkan, kemudian menghasilkan limbah cair yang nantinya akan dialirkan ke sumur resapan.

Sebaiknya sumur resapan dibuat dengan jarak yang disesuaikan kembali dan mempertimbangkan jumlah septic tank yang ada.

  • Perhatikan jenis pembuangan kotoran

Kotoran tinja disarankan dibuang secara terpisah dengan limbah bekas mandi atau cucian. Jika keduanya disatukan, beresiko lebih cepat penuh dan memerlukan bantuan sedot WC Depok untuk bisa mengatasinya.

Sedangkan sedot WC juga memerlukan biaya, meskipun relatif murah tergantung banyaknya limbah.

  • Jangka waktu sedot WC atau septic tank

Idealnya dilakukan setiap tiga tahun sekali agar kondisinya bisa kembali optimal setelah volume kotorannya dikuras habis.

Untuk pengurasannya bisa meminta bantuan tenaga profesional sedot WC agar lebih cepat dan efektif. Biasanya dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk memudahkan proses penyedotan limbah.

  • Dilarang membuang bahan kimia ke dalam septic tank

Mikroba atau bakteri pengurai kotoran biasanya berada di dalam septic tank untuk menguraikan kotoran yang dibuang. Untuk itu keberadaan mikroba dan bakteri ini harus dilestarikan.

Cara yang paling mudah adalah tidak membuang bahan kimia ke dalam septic tank. Biasanya pembersih toilet, sabun mandi, deterjen dan beberapa bahan lainnya bisa membunuh bakteri di dalam septic tank.

Kurangi penggunaan bahan kimia agar septic tank bisa menampung kotoran dalam jumlah banyak dan diuraikan oleh bakteri. Jika bakterinya terbunuh bahan kimia, maka septic tank akan penuh dan perlu menggunakan tukang sedot WC untuk mengatasinya.