Yuk Ketahui Tentang Berbagai Jenis Jaringan Seluler yang Pernah Ada

Yuk Ketahui Tentang Berbagai Jenis Jaringan Seluler yang Pernah Ada

Pada saat ini memang telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan ponsel menjadi sebuah kebutuhan wajib yang hampir semua orang sudah mempunyainya. Tidak seperti zaman dahulu di mana setiap orang harus pergi ke wartel terlebih dahulu untuk bisa melakukan panggilan ke seseorang.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa terhubung satu sama lain, ponsel ini tentu saja membutuhkan teknologi jaringan. Pada awalnya teknologi jaringan yang pertama digunakan lebih dikenal dengan sebutan 1G, yang merupakan cikal bakal dari lahirnya teknologi seluler pada saat ini.

Ya, seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja teknologi semakin berkembang, termasuk juga teknologi jaringan. Pada saat artikel ini dibuat teknologi jaringan sudah sampai pada teknologi 5G.

Oke, bagi sebagian orang belum ada yang mengetahui tentang berbagai jenis jaringan seluler. Oke, jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang berbagai macam jaringan seluler yang pernah ada.

1. Jaringan 1G

 Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika cikal bakal dari ditemukannya jaringan seluler adalah jaringan radio 0G. Oleh karena itu, jaringan seluler generasi yang pertama adalah 1G.

Memang betul jaringan seluler 1G ini terinspirasi dari jaringan radio 0G. Teknologi jaringan 1G ini menggunakan sebuah sistem yang disebut dengan sistem analog atau yang biasa disebut dengan AMPS yang merupakan singkatan dari advanced mobile phone system.

Teknologi ini pertama kali ditemukan atau digunakan sekitar tahun 1970, di mana pada saat itu teknologi microprocessor ditemukan untuk berbagai macam kebutuhan komunikasi tanpa menggunakan kabel.

Tentu saja teknologi jaringan seluler generasi yang pertama ini masih mempunyai banyak keterbatasan, salah satunya adalah hana bisa mengirimkan pesan dalam bentuk suara saja.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai macam informasi tentang teknologi dan juga game terutama tentang jaringan seluler lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi salah satu situs teknologi terbaik yaitu teknozone. Ya, pada saat ini memang situs Tekno Zone adalah salah satu situs teknologi dan juga gema yang paling lengkap dan juga up to date.

2. Jaringan 2G

Sistem jaringan seluler analog atau 1G ini seiring berjalannya waktu sudah mulai ditinggalkan pada saat teknologi seluler sudah memasuki ke tahap atau fase baru. Ya, pada fase baru ini terciptalah jaringan seluler 2G, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Radiolinja.

Perlu kamu ketahui bahwa Radiolinja ini merupakan sebuah operator GSM  atau jika pada saat ini disebut dengan operator sim card. Perusahaan ini berasal dari Finlandia dan didirikan pada 19 September 1988.

Teknologi jaringan seluler yang kedua ini tentu saja mengalami perkembangan sehingga dikenal dengan 2 nama, yaitu GSM dan juga CDMA. GSM merupakan singkatan dari global system of mobile, sedangkan CDMA merupakan singkatan dari code division multiple access.

3. jaringan 2,5G

Jaringan seluler yang selanjutnya adalah 2,5G yang merupakan hasil perkembangan dari teknologi jaringan 2G. Teknologi jaringan seluler 2,5G ini dapat memunhkinkan komunikasi yang tidak hanya berbentuk suara saja, melainkan sudah bisa berupa data dengan besaran 153 kbps.

Contoh dari penggunaan komunikasi data dalam jaringan 2,5G adalah pada layanan MMS yang merupakan singkatan dari multimedia message service. Tentu bagi kamu yang masih menjumpai ponsel generasi blackberry tentu akan tau apa itu MMS.

Untuk jaringan seluler 2,5G ini dikenal dengan 2 jaringan juga, yaitu GPRS dan juga EDGE. GPRS merupakan singkatan dari global package radio service, sedangkan EDGE merupakan singkatan dari enhanced data rates for GSM evolution.