Hati hati Dengan Efek Samping Ginkgo Biloba, Waspadai Respon Tubuh Anda

Hati hati Dengan Efek Samping Ginkgo Biloba, Waspadai Respon Tubuh Anda

Anda mungkin pernah mendengar manfaat dari Ginkgo Biloba. Herbal ini dikenal baik untuk memperbaiki sirkulasi darah, sehingga dipercaya sangat baik untuk menjaga kualitas kognitif dan kesehatan tubuh secara umum. Tapi tahukah Anda bahwa dibalik manfaatnya, tersimpan efek samping Ginkgo Biloba yang juga perlu untuk Anda waspadai?

Manfaat Utama dari Ginkgo Biloba

Pada prinsipnya, herbal satu ini memang sangat bermanfaat untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah, mengatasi keluhan darah yang mengental dan mengatasi sumbatan sumbatan ringan pada pembuluh darah.

Efek baik dari kinerja ini adalah tubuh akan lebih efektif menghantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Inilah yang kemudian menjadikan Ginkgo Biloba sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan, ingatan, konsentrasi dan daya tangkap. Karena faktanya otak membutuhkan suplai oksigen yang berlimpah untuk bekerja dengan optimal.

Tidak hanya otak, sirkulasi darah yang lancar juga memperbaiki kinerja seluruh organ tubuh. Juga baik untuk mengatasi kendala nyeri haid, gangguan disfungsi ereksi ringan, masalah saraf seperti mudah kesemutan dan pegal pegal, gangguan sakit kepala, gangguan indera, juga sangat baik mengatasi tubuh yang mudah lelah dan lesu.

efek samping Ginkgo Biloba

Waspada Efek Samping Ginkgo Biloba

Ada sederet manfaat dari Ginkgo Biloba hanya karena efek baiknya dalam memperbaiki sirkulasi darah. Namun demikian, herbal yang pertama kali dikenal dari negeri Tiongkok ini rupanya juga menyimpan sejumlah efek samping. Adapun efek samping Ginkgo Biloba yang perlu Anda waspadai antara lain adalah.

Kandungan Ginkgotoksin

Dalam herbal ini terkandung senyawa yang masuk kategori alkaloid yang sifatnya menjadi toksin dalam tubuh manusia. Senyawa ini memicu efek perubahan pada sirkulasi darah yang berlebihan dan efek stimulasi pada sistem jaringan otot dan saraf. Akibatnya tubuh akan merasa tegang, kejang dan kehilangan kesadaran.

Untuk menghindari toksin ini Anda tidak disarankan mengkonsumsi daun Ginkgo mentah. Juga sebaiknya hindari biji dan batangnya saat pengolahan. Ada fakta juga yang mengatakan Ginkgo Biloba yang dipanggang masih mengandung elemen toksin dalam kadar yang cukup berbahaya.

Efeknya sebagai pencair darah

Dalam Ginkgo Biloba terkandung unsur unsur alkaloid yang dapat membantu meningkatkan kadar air dalam darah. Darah akan lebih cair sehingga mudah untuk bergerak. Arus yang cepat dari darah akan menggerus endapan dalam dinding pembuluh darah, hingga sirkulasi darah secara bertahap semakin baik.

Namun demikian, efek sebagai pencair darah perlu Anda cermati lebih jauh. HIndari mengkonsumsi Ginkgo Biloba saat Anda mengkonsumsi obat pengencer darah. Ini akan membuat Anda 2- 3 kali lebih rentan mengalami perdarahan.

Menurunkan gula darah

Semakin lancar sirkulasi darah, semakin tinggi metabolisme berjalan. Akibatnya tubuh akan mengonsumsi lebih banyak energi, terutama dari glukosa dalam darah. Ini sebabnya mengkonsumsi Ginkgo Biloba dapat menurunkan gula darah

Tetapi, kadang proses penurunan ini bisa berjalan lebih kuat dan cepat. Akibatnya pasien akan mengalami hipoglikemia yang tentu saja tidak kalah berbahayanya.

Menyebabkan efek gelisah dan jantung berdebar

Salah satu efek dari ginkgo Biloba adalah meningkatkan detak jantung. Dalam skala ringan ini tidak dianggap bahaya. Namun, bila Anda memiliki gangguan dengan jantung, ini bisa memicu serangan jantung.

Selain itu, pada mereka yang dalam kondisi sehat, asupan Ginkgo Biloba berlebihan akan memicu reaksi gelisah. Detak jantung cepat, rasa gelisah, tegang dan lain sebagainya. Segera hentikan konsumsi bila Anda merasakan keluhan yang sama.

 

Itu sejumlah efek samping Ginkgo Biloba yang harus Anda pahami. Selalu konsumsi Ginkgo Biloba dalam dosis konsumsi yang tepat. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat herbal ini tanpa khawatir akan efek samping dari Ginkgo Biloba.