4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Kebutuhan Multimedia di Android

4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Kebutuhan Multimedia di Android

Sebagai sistem operasi berbasis open source, Android memang membuka peluang bagi semua developer untuk dapat ikut andil dalam menciptakan beragam software atau aplikasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan para penggunanya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, telah banyak aplikasi yang diunggah melalui Google Play Store untuk beragam kategori pilihan, salah satunya untuk kebutuhan Video Editor dan Player.

Di bawah ini terdapat beberapa aplikasi rekomendasi berdasarkan urutan dari Google Play Store berdasarkan jumlah rating dan banyaknya pengguna yang menggunakannya.

1. YouCut – Video Editor

YouCut

Kesal dengan hasil beberapa aplikasi edit video yang memaksa untuk menampilkan watermark dari nama aplikasi tersebut dan membuat video kamu tampak kurang profesional? Mungkin kamu bisa mencoba aplikasi YouCut sebagai alternatifnya. YouCut merupakan aplikasi edit video yang bisa didapat secara gratis dan menawarkan fitur ekspor tanpa menggunakan watermark.

Tidak hanya itu, beragam fitur editing mulai dari pemula, seperti memotong dan menggabungkan video, mengatur kecepatan dari track yang ada, mengubah rasio dari ukuran video atau melakukan rotasi video juga bisa dilakukan melalui YouCut. Untuk fitur yang lebih advance, seperti memberikan efek dan gradasi warna, melakukan kompresi, atau mengganti background dari video juga bisa dilakukan disini.

2. TikTok Lite

TikTok Lite

TikTok saat ini menjadi salah satu platform yang tengah meroket di masa pandemi. Jumlah pengguna yang semakin banyak setiap harinya menjadikan TikTok terus berinovasi untuk meraih hati para penggunanya. Salah satu permasalahan pada aplikasi TikTok bagi sebagian orang adalah terkait kuota yang sangat boros dan lambat saat digunakan.

Maka dari itu, TikTok Lite hadir sebagai solusi. Melalui aplikasi ini TikTok menawarkan ukuran aplikasi yang jauh lebih kecil, hanya berukuran sekitar 20 MB saja. Selain itu, bagi pengguna yang memiliki akses internet terbatas, TikTok juga telah mengoptimasi agar aplikasi dapat berjalan lebih lancar dengan penggunaan data lebih minim.

Jadi, beberapa permasalahan yang dikeluhkan, kini sudah bisa diatasi dengan penggunaan TikTok Lite. Hingga sekarang, aplikasi TikTok Lite sudah menjangkau lebih dari 100 juta pengguna aktif.

3. MX Player

MX Player

Ingin menonton film dengan menggunakan subtitle di hp tetapi aplikasi pemutar video bawaan tidak mendukung hal tersebut? Coba beralih ke aplikasi MX Player. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menonton sambil menyertakan subtitle dari film tersebut. Kamu hanya perlu mendownload subtitle tersebut melalui situs pihak ketiga dan menyematkannya pada aplikasi MX Player.

Dalam penggunaan harian, MX Player sangat nyaman dan mudah untuk digunakan. Terdapat beberapa fitur menyenangkan yang bisa dicoba, seperti mengatur tingkat kecerahan video hanya dengan memberikan gestur naik atau turun di sisi kiri layar. Pada sisi kanan layar digunakan untuk mengatur tingkat suara video.

Bagi kamu yang menggunakan hp dengan adanya frame seperti poni, maka kamu bisa melakukan gesture pinch untuk mengatur zoom in dan zoom out video. Jadi, kamu bisa menonton sesuai selera, apakah ingin full dengan poni di hp atau memperkecil video tanpa bagian atas layar hp.

4. AZ Screen RecorderĀ 

AZ Screen Recorder

Pada kebanyakan smartphone android biasanya hanya mendukung fitur screenshot. Sedangkan untuk melakukan screen recording tidak bisa dilakukan secara langsung, sehingga membutuhkan adanya bantuan aplikasi pihak ketiga. AZ Screen Recorder bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik di android yang dapat dicoba.

AZ Screen Recorder mampu membantu kamu dalam merekam banyak hal, seperti saat sedang bermain game, membuat tutorial, atau beberapa hal lainnya. Selain itu, proses perekaman layar juga dapat disesuaikan, apakah kamu ingin menggunakan audio internal dari suara dalam hp kamu atau bisa juga disertai dengan suara yang masuk melalui mic atau eksternal.

Tidak hanya itu, bagi yang ingin memulai membuat channel gaming, kamu bisa memulainya dengan sederhana menggunakan AZ Screen Recorder. Berkat fitur merekam dengan fasilitas HD yang diberikan, video hasil tangkapan layar ini sangat layak untuk masuk ke channel YouTube kamu. Selain itu, merekam dengan fitur facecam juga bisa dilakukan. Jadi, ekspresi kamu saat bermain juga dapat terlihat oleh penonton.